Kamis, 07 November 2013

Tugas Pengantar Bisnis Minggu Ke-6

TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU KE-6





Nama :

Elvita Yenti (22213889)
Irene Putri Islami (24213467)
Wiwit Lestari (29213361)

Kelas :

1EB22


1.       JELASKAN  PERBEDAAN PASAR  DENGAN  PEMASARAN
      Pasar adalah suatu kegiatan atau aktivitas manusia yang menjual suatu barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan.
              Pemasaran adalah suatu kegiatan yang mempromosikan atau menawarkan barang dan jasa dalam bentuk iklan melalui televisi atau media koran untuk menarik peminat untuk membeli barang yang ditwarkan, tujuannya juga untuk mendapatkan keuntungan.

2.      BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS PASAR INDUSTRI
*PASAR PENJUAL
·         Jenis pasar Industri :
a)    Industri berdasarkan bahan baku di bagi menjadi 3 yaitu :

Ø  Industri ekstraktif
        Industri ekstraktif adalah industri yang bahan baku diambil langsung dari alam sekitar.
Contoh : pertanian, perkebunan, perhutanan, perikanan, peternakan, pertambangan.

Ø  Industri nonekstraktif
        Industri nonekstaktif adalah industri yang bahan baku didapat dari tempat lain atau disediakan oleh industri lain.
Contoh : Industri tas di Bogor mengambil bahan baku kulit dari industri kulit di Bandung.

Ø  Industri fasilitatif
        Industri fasilitatif adalah industri yang produk utamanya adalah berbentuk jasa yang dijual kepada para konsumennya.
Contoh : Asuransi, perbankan, transportasi, ekspedisi.

b)     Industri berdasarkan jumlah tenaga kerja:
Ø  Industri rumah tangga adalah industri yang jumlah karyawan/tenaga kerja berjumlahantara 1-4 orang.
Contoh : industri kerajinan tangan seperti gantungan handphone atau industri kue rumahan

Ø  Industri kecil adalah industri yang jumlah karyawan/tenaga kerja berjumlah antara 5-19 orang.
Contoh : industri batu bata, keramik, genteng.

Ø  Industri sedang atau industri menengah adalah industri yang jumlah karyawan/tenaga kerja berjumlah antara 20-99 orang.
Contoh : industri konveksi.

Ø  Industri besar adalah industri yang jumlah karyawan/tenaga kerjanya berjumlah 100 orang atau lebih.
Contoh : industri perakitan mobil, tekstil, dan peleburan besi baja.

c)      Industri berdasarkan produktifitas:
Ø  Industri primer
        Industri yang menghasilkan barang-barang tanpa pengolahan lebih lanjut sehingga bentuk dari bahan baku/mentah masih tampak. Contohnya industri pengasinan ikan, penggilingan padi, anyaman.

Ø  Industri sekunder
        Industri yang menghasilkan barang yang memerlukan pengolahan lebih lanjut dan bentuk bahan baku sudah tidak tampakk lagi. Contohnya industri tekstil, dan industri ban. 

Ø  Industri tersier
        Industri yang bergerak di bidang jasa. Contohnya perbankan, asuransi, perdagangan, dan transportasi.

d)     Industri berdasarkan lokasi :
Ø  Industri yang berorientasi pada pasar (market oriented industry)
Industri ini didirikan berdekatan dengan potensi pasar atau potensi manusia sebagai konsumen. Misalnya industri makanan dan minuman. Hal ini disebabkan karena hasil produksi (barang jadi) mudah rusak/basi sehingga harus cepat-cepat sampai ke tangan konsumen.

Ø  Industri yang berorientasi pada tenaga kerja (Labour oriented industry)
Industri ini didirikan berdekatan dengan pemusatan manusia yang berpotensi sebagai tenaga kerja. Misalnya indsutri rokok dan industri garment (tekstil)

e)     Berdasarkan proses produksi :
Ø  Industri hulu
        Industri yang yang mengolah bahan mentah menjadi barang setengah jadi. Contohnya industri alumunium, industri perkayuan.

Ø  Industri hilir
        Industri yang mengolah barang-barang setengah jadi menjadi barang sjadi atau barang yang dihasilkan siap untuk dipakai oleh konsumen.
Contohnya industri pakaian (konveksi), industri furniture, industri peralatan rumah tangga.

·         Jenis pasar penjual :
Ø  Pedagang sayuran dan buah-buahan.
Ø  Penjual makanan ringan di pasar.
Ø   Penjual kebutuhan pokok seperti beras, gula, garam dll di pasar.
Ø  Penjual elektronik di mall. 

     3.    JELASKAN dgn 1 CONTOH  BARANG /JASA UNIVERSAL BAGAIMANA 
            MEMASARKANNYA  ( BERDASARKAN 4 P )  
Konsep inti pemasaran adalah konsep-konsep utama dalam pemasaran.
Pemasaran sendiri memiliki pengertian yang lebih luas, yaitu sebagai suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok, memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.

4        SEBUT DAN JELASKAN  4 VARIABEL  BAURAN PROMOSI
 Advertising, yang berupa iklan di berbagai media.
Bentuk-bentuk advertising diantaranya :
•    Papan reklame, poster, spanduk, di pinggir jalan yang strategis sehingga jelas di pandang.
•    Katalog ini juga dibuat di atas kertas dengan desain menarik, berisi keterangan gambar disertai foto dan daftar harga. 
    Personal Selling, merupakan merupakan tenaga penjual yang disiapkan baik di toko (pramuniaga) ataupun yang berkunjung ke rumah-rumah.
    Sales Promotion, yaitu berupa daya tarik bagi konsumen dalam bentuk diskon, obral, hadiah, undian-undian kupon dan sebagainya.
    Public Relation, artinya memeberi informasi kepada masyarakat tentang perusahaan, agar memiliki image yang baik dalam masyarakat menyangkut produk, dan manajemen.


5        SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF  SISTEM  PEMASARAN
Alternative sistem pemasaran ada 4, yaitu :
Ø  Memaksimalkan konsumsi
   Kegiatan – kegiatan pemasaran yang telah dijalankan seharusnya dapat merangsang terjasdinya konsumsi maksimal yang pada gilirannya akan menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimal bagi masyarakat.


Ø  Memaksimalkan kepuasan konsumen
   Kepuasan konsumen sulit untuk diukur. Pertama, karena belum adanya tolak ukur kepuasan konsumen terhadap suatu produk atau aktivitas pemasaran. Kedua, terkadang kepuasan yang diperoleh diikuti oleh kondisi lingkungan yang kurang menyenangkan. Ketiga, kepuasan sewaktu mengkonsumsi produk tertentu sangat relative.


Ø  Memaksimalkan pilihan
   Sistem ini memungkinkan konsumen untuk menemukan produk dengan tepat yang dapat memuaskan selera dan gaya hidup mereka, tetapi sebagai kopensasinya adalah peningkatan biaya.


Ø  Memaksimalkan kualitas hidup
   Sistem pemasaran dipercaya dapat meningkatkan taraf hidup melalui kualitas, kuantiatas, ketersediaan, dan harga barang serta jasa, kualitas lingkungan fisik, maupun kualitas lingkungan budaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar