TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU KE-6
Nama :
Elvita Yenti (22213889)
Elvita Yenti (22213889)
Irene Putri Islami (24213467)
Wiwit Lestari (29213361)
Kelas :
1EB22
1. JELASKAN PERBEDAAN PASAR DENGAN
PEMASARAN
Pasar adalah
suatu kegiatan atau aktivitas manusia yang menjual suatu barang dan jasa untuk
mendapatkan keuntungan.
Pemasaran adalah suatu kegiatan
yang mempromosikan atau menawarkan barang dan jasa dalam bentuk iklan melalui
televisi atau media koran untuk menarik peminat untuk membeli barang yang
ditwarkan, tujuannya juga untuk mendapatkan keuntungan.
2. BERIKAN CONTOH
MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS PASAR
INDUSTRI
*PASAR PENJUAL
·
Jenis pasar Industri :
a) Industri berdasarkan bahan baku di bagi menjadi 3 yaitu :
Ø Industri
ekstraktif
Industri ekstraktif adalah
industri yang bahan baku diambil langsung dari alam sekitar.
Contoh : pertanian, perkebunan, perhutanan, perikanan, peternakan,
pertambangan.
Ø Industri
nonekstraktif
Industri nonekstaktif adalah
industri yang bahan baku didapat dari tempat lain atau disediakan oleh industri
lain.
Contoh : Industri tas di Bogor mengambil bahan baku kulit dari industri kulit
di Bandung.
Ø Industri
fasilitatif
Industri fasilitatif adalah
industri yang produk utamanya adalah berbentuk jasa yang dijual kepada para
konsumennya.
Contoh : Asuransi, perbankan, transportasi, ekspedisi.
b)
Industri berdasarkan jumlah tenaga kerja:
Ø Industri rumah
tangga adalah industri yang jumlah karyawan/tenaga kerja berjumlahantara 1-4
orang.
Contoh : industri kerajinan tangan seperti gantungan handphone atau industri
kue rumahan
Ø Industri kecil
adalah industri yang jumlah karyawan/tenaga kerja berjumlah antara 5-19 orang.
Contoh : industri batu bata, keramik, genteng.
Ø Industri
sedang atau industri menengah adalah industri yang jumlah karyawan/tenaga kerja
berjumlah antara 20-99 orang.
Contoh : industri konveksi.
Ø Industri besar
adalah industri yang jumlah karyawan/tenaga kerjanya berjumlah 100 orang atau
lebih.
Contoh : industri perakitan mobil, tekstil, dan peleburan besi baja.
c)
Industri berdasarkan produktifitas:
Ø Industri
primer
Industri yang menghasilkan
barang-barang tanpa pengolahan lebih lanjut sehingga bentuk dari bahan
baku/mentah masih tampak. Contohnya industri pengasinan ikan, penggilingan
padi, anyaman.
Ø Industri
sekunder
Industri yang menghasilkan barang
yang memerlukan pengolahan lebih lanjut dan bentuk bahan baku sudah tidak
tampakk lagi. Contohnya industri tekstil, dan industri ban.
Ø Industri
tersier
Industri yang bergerak di bidang
jasa. Contohnya perbankan, asuransi, perdagangan, dan transportasi.
d)
Industri berdasarkan lokasi :
Ø Industri yang
berorientasi pada pasar (market oriented industry)
Industri ini didirikan berdekatan dengan potensi pasar atau potensi manusia
sebagai konsumen. Misalnya industri makanan dan minuman. Hal ini disebabkan
karena hasil produksi (barang jadi) mudah rusak/basi sehingga harus cepat-cepat
sampai ke tangan konsumen.
Ø Industri yang
berorientasi pada tenaga kerja (Labour oriented industry)
Industri ini didirikan berdekatan dengan pemusatan manusia yang berpotensi
sebagai tenaga kerja. Misalnya indsutri rokok dan industri garment (tekstil)
e)
Berdasarkan proses produksi :
Ø Industri hulu
Industri yang yang mengolah bahan
mentah menjadi barang setengah jadi. Contohnya industri alumunium, industri
perkayuan.
Ø Industri hilir
Industri yang mengolah
barang-barang setengah jadi menjadi barang sjadi atau barang yang dihasilkan siap
untuk dipakai oleh konsumen.
Contohnya industri pakaian (konveksi), industri furniture, industri peralatan
rumah tangga.
·
Jenis pasar penjual :
Ø Pedagang
sayuran dan buah-buahan.
Ø Penjual
makanan ringan di pasar.
Ø Penjual kebutuhan pokok seperti beras, gula,
garam dll di pasar.
Ø Penjual
elektronik di mall.
3. JELASKAN dgn 1 CONTOH BARANG /JASA UNIVERSAL BAGAIMANA
MEMASARKANNYA ( BERDASARKAN 4 P )
Konsep inti
pemasaran adalah konsep-konsep utama dalam pemasaran.
Pemasaran
sendiri memiliki pengertian yang lebih luas, yaitu sebagai suatu proses sosial
dan manajerial dimana individu dan kelompok, memperoleh apa yang mereka
butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan
nilai dengan pihak lain.
4
SEBUT DAN JELASKAN 4 VARIABEL
BAURAN PROMOSI
Advertising, yang berupa iklan di berbagai
media.
Bentuk-bentuk advertising diantaranya :
• Papan reklame, poster, spanduk, di pinggir jalan yang
strategis sehingga jelas di pandang.
• Katalog ini juga dibuat di atas kertas dengan desain
menarik, berisi keterangan gambar disertai foto dan daftar harga.
Personal Selling, merupakan merupakan tenaga penjual yang
disiapkan baik di toko (pramuniaga) ataupun yang berkunjung ke rumah-rumah.
Sales Promotion, yaitu berupa daya tarik bagi konsumen dalam
bentuk diskon, obral, hadiah, undian-undian kupon dan sebagainya.
Public Relation, artinya memeberi informasi kepada
masyarakat tentang perusahaan, agar memiliki image yang baik dalam masyarakat
menyangkut produk, dan manajemen.
5
SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF SISTEM
PEMASARAN
Alternative sistem
pemasaran ada 4, yaitu :
Ø
Memaksimalkan konsumsi
Kegiatan – kegiatan pemasaran yang
telah dijalankan seharusnya dapat merangsang terjasdinya konsumsi maksimal yang
pada gilirannya akan menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran
maksimal bagi masyarakat.
Ø
Memaksimalkan kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen sulit untuk diukur.
Pertama, karena belum adanya tolak ukur kepuasan konsumen terhadap suatu produk
atau aktivitas pemasaran. Kedua, terkadang kepuasan yang diperoleh diikuti oleh
kondisi lingkungan yang kurang menyenangkan. Ketiga, kepuasan sewaktu
mengkonsumsi produk tertentu sangat relative.
Ø
Memaksimalkan pilihan
Sistem ini memungkinkan konsumen untuk
menemukan produk dengan tepat yang dapat memuaskan selera dan gaya hidup
mereka, tetapi sebagai kopensasinya adalah peningkatan biaya.
Ø
Memaksimalkan kualitas hidup
Sistem pemasaran dipercaya dapat
meningkatkan taraf hidup melalui kualitas, kuantiatas, ketersediaan, dan harga
barang serta jasa, kualitas lingkungan fisik, maupun kualitas lingkungan
budaya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar