난 영원한 너의 피터팬 (I am your eternal Peter Pan),

난 영원한 너의 피터팬 (I am your eternal Peter Pan),

Minggu, 06 Oktober 2013

Tugas Pengantar Bisnis Minggu Ke-2

TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU KE-2



Nama :

Elvita Yenti (22213889)
Irene Putri Islami (24213467)
Wiwit Lestari (29213361)

Kelas :

1EB22


TUGAS  MINGGU 2 :

  1. JELASKAN BAGAIMANA CARA MENDIRIKAN (BERIKAN LANGKAHNYA)  UKM DENGAN MEMPERHATIKAN FAKTOR PRODUKSI
Cara mendirikan sebuah UKM, dengan memperhatikan factor produksinya. Langkah-langkahnya adalah:
1)    MODAL, yaitu barang-barang atau peralatan yang dapat di gunakan untuk faktor produksi. Dan juga uang yang dipakai untuk mendirikan sebuah UKM, berasal dari pribadi\individu atau dari pinjaman bank. Untuk kelancaran dalam melaksanakan program kerja atau kegiatan UKM sendiri, peranan modal merupakan factor produksi yang penting sebagai dana untuk menjalankan segala kegiatan yang ada di UKM tersebut.
2)    TENAGA KERJA, adalah faktor produksi yang secara langsung maupun tidak langsung menjalankan sebuah kegiatan produksi. Berdasarkan kualitas, tenaga kerja kerja dibagi menjadi 3, yaitu:
a)    Tenaga kerja terdidik, contoh : sarjana ekonomi, insinyur, sarjana muda, doctor.
b)    Tenaga kerja terampil, contoh : supir, pelayan toko, tukang masak, montir, pelukis.
c)    Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih, contoh : kuli, buruh angkut, buruh pabrik, pembantu, tukang becak.
Dalam mendirikan suatu UKM harus memilih atau merekrut para anggota yang dapat bekerja sama dengan baik. Faktor ini sangat penting saat mendirikan UKM karena kinerja dalam team work sangat dibutuhkan dalam menjalankan UKM tersebut demi kemajuan UKM tersebut demi kemajuan UKM tersebut.
3)    MATERIAL, material termasuk tanah, air, dan bahan-bahan mentah yang berasal dari sumber-sumber di alam semesta. Karena bahan baku yang dibutuhkan UKM banyak yang bersumber dari alam.
4)    METODE, suatu inisiatif produktif, ide-ide kreatif untuk menghasilkan sebuah barang dan jasa, pengambilan keputusan, dan berani menanggung segala resiko. Unsur metode ini sangat diperlukan dalam menjalankan sebuah UKM. Karena metode ini berfungsi sebagai penyeimbang proses terwujudnya tujuan dan kedinamisan dari UKM tersebut.
  1. BERILAH MASING – MASING  SEBANYAK 5 CONTOH RIIL PERUSAHAAN BERDASARKAN LETAK/TEMPAT
a)    Letak perusahaan berdasarkan alam
- Perusahaan tambang aspal di Buton (Kep. Riau)
- Perusahaan tambang emas di Cikotok (Jawa Barat)
- Perusahaan tambang gas di Bontang (Kalimantan Timur)
- Perusahaan tambang batubara (Samarinda)
- Pertamina (Babelan)
b)     Letak perusahaan berdasarkan sejarah
- Perusahaan Udang (Cirebon)
- Usaha pendidikan (Yogyakarta)
- Pengrajin Batik (Solo)
- Pengrajin Batik (Pekalongan)
- Pengrajin Patung (Bali)
c)     Letak perusahaan berdasarkan pemerintah
- Kawasan Industri JABABEKA Cikarang
- Kawasan Industri Pulogadung
- Perusahaan Besi Baja Krakatau Steel
- PT. Dirgantara (Bandung)
- PAL (Surabaya)
d)    Letak perusahaan berdasarkan faktor ekonomi
- Perusahaan pengolahan kayu Inhutani (Juata)
- Perusahaan tambang emas Freeport (Papua)
- Perusahaan Listrik Negara Gajahmungkur (Wonogiri)
- Perusahaan Semen Gresik (Gresik)
- Perusahaan Kertas Bekasi Teguh (Bekasi)


                                                                   
3.      SEBUTKAN DAN JELASKAN DENGAN SINGKAT APA YANG MENJADI TUJUAN PERUSAHAAN
Tujuan perusahaan dapat digolongkan sebagai berikut :
1)    Tujuan Pelayanan Primer, adalah pembuatan barang/jasa yang dijual untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
2)    Tujuan Organisatoris adalah nilai-nilai yang harus disumbangkan oleh masing-masing atau kelompok individu yang berada pada bagian yang bersangkutan.
3)    Tujuan Operasional adalah nilai-nilai yang disumbangkan oleh masing-masing tahap dalam suatu unit prosedur kerja secara keseluruhan.
4)     Tujuan Pelayanan Sekunder, merupakan nilai-nilai yang diperlukan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan primer.
5)    Tujuan ekonomis: dalam hal ini perusahaan berupaya menciptakan laba, menciptakan pelanggan, dan menjalankan upaya-upaya pengembangan dengan memusatkan perhatian pada produk yang diinginkan, kualitas, harga, kuantitas, waktu pelayanan, kegunaan produk, dll.
6)    Tujuan sosial: perusahaan diharapkan untuk memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia faktor-faktor produksi, maupun masyarakat  luas.
Jadi pada dasar suatu perusahaan bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen atau pelanggan.
  1. JELASKAN APA YG DIMAKSUD LINGKUNGAN INTERNAL  DAN EKSTERNAL SUATU PERUSAHAN
1)    Lingkungan Internal suatu perusahaan Adalah lingkungan organisasi yang berada di dalam organisasi tersebut dan secara formal memiliki implikasi yang langsung dan khusus pada perusahaan. Contoh : tenaga kerja, peralatan dan emsin-mesin, bahan mentah, permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana, dll)
2)    Lingkungan Eksternal suatu perusahaan Adalah lingkungan di luar organisasi yang dapat berupa tekanan umum dan tren di dalam lingkungan societal ataupun faktor-faktor spesifik yang beroperasi di dalam lingkungan kerja (industri) organisasi.Contoh : keadan alam, politik dan hankam, hukum, perekonomian, pendidikan dan teknologi, sosial dan budaya, kependudukan, hubungan internasional, pemasok atau supplier, perantara, teknologi, dan pasar.
  1. APLIKASIKAN SETIAP VARIABEL LINGKUNGAN INTERNAL  DAN EKSTERNAL BAGAIMANA PENGARUHNYA PADA SUATU PERUSAHAN
-       Ekologi : Pencemaran udara, pencemaran air &sampah dalam perusahaan
-       Ekonomi : Urbanisasi, Pertambahan penduduk, Pajak, dan lainnya.
-       Sosial : Kriminalitas dan Pengangguran.
-       Politik : Pertahanan keamanan.
-       Hukum : Keputusan dan transaksi perusahaan. 
  1. JELASKAN PERBEDAAN PRODUCER ORIENTED APPROACH DAN CONSUMER  ORIENTED APPROACH
a.    Producer Oriented Approach adalah pendekatan yang berorientasi pada produsen,maksudnya dengan cara menjual barang dan jasa ke pasar 
b.    Consumer Oriented Approach adalah pendekatan yang berorientasi pada konsumen,maksudnya dengan membeli barang dan jasa yang dijual oleh produsen dari pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar