난 영원한 너의 피터팬 (I am your eternal Peter Pan),

난 영원한 너의 피터팬 (I am your eternal Peter Pan),

Kamis, 14 November 2013

Tugas Pengantar Bisnis Minggu ke-8



TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU KE-8




Nama :

Elvita Yenti (22213889)
Irene Putri Islami (24213467)
Wiwit Lestari (29213361)

Kelas :

1EB22



1. APA YG DIMAKSUD NILAI WAKTU UANG
        Nilai waktu uang adalah merupakan suatu konsep yang menyatakan bahwa nilai uang sekarang akan lebih berharga dari pada nilai uang masa yang akan datang atau suatu konsep yang mengacu pada perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaaan waktu. Dalam memperhitungkan, baik nilai sekarang maupun nilai yang akan datang maka kita harus mengikutkan panjangnya waktu dan tingkat pengembalian maka konsep time value of money sangat penting dalam masalah keuangan baik untuk perusahaan, lembaga maupun individu. Dalam perhitungan uang, nilai Rp. 1.000 yang diterima saat ini akan lebih bernilai atau lebih tinggi dibandingkan dengan Rp. 1.000 yang akan diterima dimasa akan datang.
2.   APA ARTI BUNGA JIKA SESEORANG MENABUNG SEJUMLAH DANA DI BANK
        Bunga bank dapat diartikan sebagai balas jasa yang diberikan oleh bank yang berdasarkan prinsip konvensional kepada nasabah yang membeli atau menjual produknya. Bunga juga dapat diartikan sebagai harga yang harus dibayar kepada nasabah (yang memiliki simpanan) dengan yang harus dibayar oleh nasabah kepada bank (nasabah yang memperoleh pinjaman).
3.   APA YG DIMAKSUD NILAI WAKTU UANG YANG AKAN DATANG /FUTURE  VALUE
        Nilai waktu uang yang akan datang (future value) merujuk pada besarnya nilai uang yang ada saat ini bila diproyeksikan ke masa mendatang. Nilai uang di masa mendatang dapat berbeda dengan nilai uang di saat ini.
                 Sebagai contoh, bila sejumlah uang di saat ini ditabungkan di bank dengan bunga majemuk, maka di waktu mendatang, nilai nominal uang tersebut dapat naik.
4.   BUATLAH SOAL UNTUK MENGAPLIKASI KAN SOAL NO.3 DENGAN SUATU KASUS
Contoh soal untuk mengaplikasikan soal No. 3 dengan suatu kasus :
Pak Rudi membeli sebuah rumah di daerah Kemang Pratama dengan luas 8M X 10M dengan fasilitas terdapat 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga,  1 garasi dan dapur. Dengan harga Rp. 350.000.000. Namun 5 tahun kemudian pak Rudi menjual rumah tersebut tetapi harganya kini berubah menjadi  Rp. 455.000.000. Hitunglah dengan bunga nilai majemuk!
5.APA  ARTI NILAI  TUNAI  ANUITAS & BIASA DIGUNAKAN  UNTUK USAHA DI  BIDANG  APA   
         Anuitas adalah sejumlah pembayaran yang biasanya dilakukan secara teratur berdasarkan waktu,bisa dilakukan beberapa kali dalam setahun,bulanan,mingguan,atau harian.
        Nilai uang tunai anuitas adalah suatu nilai pada akhir waktu dan nilai tunai pada faktor bunga pada suatu anuitas. Nilai uang yang akan di terima pada saat ini dan pada masa yang akan datang dalam masa tertentu.Nilai tunai antuitas biasanya digunakan pada usaha :
a.       Perbankan
b.       Keuangan
c.       Asuransi

Kamis, 07 November 2013

Tugas Pengantar Bisnis Minggu Ke-6

TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU KE-6





Nama :

Elvita Yenti (22213889)
Irene Putri Islami (24213467)
Wiwit Lestari (29213361)

Kelas :

1EB22


1.       JELASKAN  PERBEDAAN PASAR  DENGAN  PEMASARAN
      Pasar adalah suatu kegiatan atau aktivitas manusia yang menjual suatu barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan.
              Pemasaran adalah suatu kegiatan yang mempromosikan atau menawarkan barang dan jasa dalam bentuk iklan melalui televisi atau media koran untuk menarik peminat untuk membeli barang yang ditwarkan, tujuannya juga untuk mendapatkan keuntungan.

2.      BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS PASAR INDUSTRI
*PASAR PENJUAL
·         Jenis pasar Industri :
a)    Industri berdasarkan bahan baku di bagi menjadi 3 yaitu :

Ø  Industri ekstraktif
        Industri ekstraktif adalah industri yang bahan baku diambil langsung dari alam sekitar.
Contoh : pertanian, perkebunan, perhutanan, perikanan, peternakan, pertambangan.

Ø  Industri nonekstraktif
        Industri nonekstaktif adalah industri yang bahan baku didapat dari tempat lain atau disediakan oleh industri lain.
Contoh : Industri tas di Bogor mengambil bahan baku kulit dari industri kulit di Bandung.

Ø  Industri fasilitatif
        Industri fasilitatif adalah industri yang produk utamanya adalah berbentuk jasa yang dijual kepada para konsumennya.
Contoh : Asuransi, perbankan, transportasi, ekspedisi.

b)     Industri berdasarkan jumlah tenaga kerja:
Ø  Industri rumah tangga adalah industri yang jumlah karyawan/tenaga kerja berjumlahantara 1-4 orang.
Contoh : industri kerajinan tangan seperti gantungan handphone atau industri kue rumahan

Ø  Industri kecil adalah industri yang jumlah karyawan/tenaga kerja berjumlah antara 5-19 orang.
Contoh : industri batu bata, keramik, genteng.

Ø  Industri sedang atau industri menengah adalah industri yang jumlah karyawan/tenaga kerja berjumlah antara 20-99 orang.
Contoh : industri konveksi.

Ø  Industri besar adalah industri yang jumlah karyawan/tenaga kerjanya berjumlah 100 orang atau lebih.
Contoh : industri perakitan mobil, tekstil, dan peleburan besi baja.

c)      Industri berdasarkan produktifitas:
Ø  Industri primer
        Industri yang menghasilkan barang-barang tanpa pengolahan lebih lanjut sehingga bentuk dari bahan baku/mentah masih tampak. Contohnya industri pengasinan ikan, penggilingan padi, anyaman.

Ø  Industri sekunder
        Industri yang menghasilkan barang yang memerlukan pengolahan lebih lanjut dan bentuk bahan baku sudah tidak tampakk lagi. Contohnya industri tekstil, dan industri ban. 

Ø  Industri tersier
        Industri yang bergerak di bidang jasa. Contohnya perbankan, asuransi, perdagangan, dan transportasi.

d)     Industri berdasarkan lokasi :
Ø  Industri yang berorientasi pada pasar (market oriented industry)
Industri ini didirikan berdekatan dengan potensi pasar atau potensi manusia sebagai konsumen. Misalnya industri makanan dan minuman. Hal ini disebabkan karena hasil produksi (barang jadi) mudah rusak/basi sehingga harus cepat-cepat sampai ke tangan konsumen.

Ø  Industri yang berorientasi pada tenaga kerja (Labour oriented industry)
Industri ini didirikan berdekatan dengan pemusatan manusia yang berpotensi sebagai tenaga kerja. Misalnya indsutri rokok dan industri garment (tekstil)

e)     Berdasarkan proses produksi :
Ø  Industri hulu
        Industri yang yang mengolah bahan mentah menjadi barang setengah jadi. Contohnya industri alumunium, industri perkayuan.

Ø  Industri hilir
        Industri yang mengolah barang-barang setengah jadi menjadi barang sjadi atau barang yang dihasilkan siap untuk dipakai oleh konsumen.
Contohnya industri pakaian (konveksi), industri furniture, industri peralatan rumah tangga.

·         Jenis pasar penjual :
Ø  Pedagang sayuran dan buah-buahan.
Ø  Penjual makanan ringan di pasar.
Ø   Penjual kebutuhan pokok seperti beras, gula, garam dll di pasar.
Ø  Penjual elektronik di mall. 

     3.    JELASKAN dgn 1 CONTOH  BARANG /JASA UNIVERSAL BAGAIMANA 
            MEMASARKANNYA  ( BERDASARKAN 4 P )  
Konsep inti pemasaran adalah konsep-konsep utama dalam pemasaran.
Pemasaran sendiri memiliki pengertian yang lebih luas, yaitu sebagai suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok, memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.

4        SEBUT DAN JELASKAN  4 VARIABEL  BAURAN PROMOSI
 Advertising, yang berupa iklan di berbagai media.
Bentuk-bentuk advertising diantaranya :
•    Papan reklame, poster, spanduk, di pinggir jalan yang strategis sehingga jelas di pandang.
•    Katalog ini juga dibuat di atas kertas dengan desain menarik, berisi keterangan gambar disertai foto dan daftar harga. 
    Personal Selling, merupakan merupakan tenaga penjual yang disiapkan baik di toko (pramuniaga) ataupun yang berkunjung ke rumah-rumah.
    Sales Promotion, yaitu berupa daya tarik bagi konsumen dalam bentuk diskon, obral, hadiah, undian-undian kupon dan sebagainya.
    Public Relation, artinya memeberi informasi kepada masyarakat tentang perusahaan, agar memiliki image yang baik dalam masyarakat menyangkut produk, dan manajemen.


5        SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF  SISTEM  PEMASARAN
Alternative sistem pemasaran ada 4, yaitu :
Ø  Memaksimalkan konsumsi
   Kegiatan – kegiatan pemasaran yang telah dijalankan seharusnya dapat merangsang terjasdinya konsumsi maksimal yang pada gilirannya akan menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimal bagi masyarakat.


Ø  Memaksimalkan kepuasan konsumen
   Kepuasan konsumen sulit untuk diukur. Pertama, karena belum adanya tolak ukur kepuasan konsumen terhadap suatu produk atau aktivitas pemasaran. Kedua, terkadang kepuasan yang diperoleh diikuti oleh kondisi lingkungan yang kurang menyenangkan. Ketiga, kepuasan sewaktu mengkonsumsi produk tertentu sangat relative.


Ø  Memaksimalkan pilihan
   Sistem ini memungkinkan konsumen untuk menemukan produk dengan tepat yang dapat memuaskan selera dan gaya hidup mereka, tetapi sebagai kopensasinya adalah peningkatan biaya.


Ø  Memaksimalkan kualitas hidup
   Sistem pemasaran dipercaya dapat meningkatkan taraf hidup melalui kualitas, kuantiatas, ketersediaan, dan harga barang serta jasa, kualitas lingkungan fisik, maupun kualitas lingkungan budaya.